Selasa, 06 Desember 2011

PERANAN ILMU KOMPUTASI DI ERA KONVERGENSI

Sebagai pembuka topik diatas, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa itu "Ilmu Komputasi". 


Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebutdengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmukomputer dan matematika.
Secara umum komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

Sekarang kita mulia memasuki topik yang dibahas dalam seminar. Pada tanggal 4 Desember, telah berlangsung sebuah acara seminar yang berjudul "Peranan Ilmu Kopmutasi di Era Konvergensi". Dalam seminar tersebut terdapat dua narasumber yang sangat istimewa bagi para acara seminar. Narasumber pertama adalah Bpk Wisnu Jatmiko (Dosen Fakultas Sains UI) dan narasumber kedua adalah Bpk Hardika Nugroho (Head of Technology Roadmap Department).



Pertama-tama yaitu sambutan dari Bpk Wisnu Jatmiko. Beliau telah merasakan betapa penting dan bermanfaatnya ilmu komputasi pada suatu permasalahan apapun, bukan hanya di bidang sains. Bapak Wisnu ini telah menghasilkan banyak sekali pemodelan-pemodelan yang sangat bermanfaat, contohnya pemodelan trafic light di Jakrta yang telah beliau kerjakan saat ini, dan masih banyak lagi yang dimodelkan oleh beliau dan telah berpenghasilan yang cukup besar.


Dari permodelan yang telah beliau ciptakan, beliau dapat menyimpulkan bahwa peranan Ilmu Komputasi di era konfergensi ini sangat penting dan sangat bermanfaat meskipun kata beliau "harus paham matematika" itu yang membuat mungkin sebagian mahasiswa mundur sejenak. Tapi berkata "Pasti Bisa".





Berikut penjelasan Bpk Hardika nugroho yang menjabat sebagai Head of Technology Roadmap Department. Ilmu Komputasi tidak hanya berperan dalam memecahkan masalah-masalah ilmu (sains), tapi juga punya banyak peranan-peranan yang sangat penting dalam bidang lain. Sebagai contoh, saya akan bahas "Cloud Computing" atau dengan nama lain Komputasi Awan. Apakah anda sudah tau apa yang dimaksud Cloud Computing?

Cloud Computing adalah Penggabungan antara komputasi dan pengembangan berbasis internet. Dengan kata lain Cloud Computing bisa dikatakan sebagai komputasi yang memanfaatkan koneksi internet. Dengan menggunakan Cloud Computing , seluruh informasi akan tersimpan  permanen di dalamserver internet dan untuk sementara tersimpan di komputer pengguna.


Untuk saat ini, Cloud Computing tak hanya bermanfaat di dunia bisnis saja dan tak lama lagi teknologi ini akan mendapat bagian dari kebutuhan personal, misalnya untuk kebutuhan berbagai gaya hidup. Dengan Teknologi Cloud Computing, kita akan mendapatkan banyak informasi-informasi yang aktual dan terkini, baik seputar gaya hidup, berita-berita internasional. dan info-info yang menarik lainnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar