Selasa, 13 Desember 2011

MANFAAT EFISIENSI ALGORITMA

Assalamualaykum Wr Wb.

Sebelum masuk ke topik yang akan kita bahas, alangkah baiknya kita tau terlebih dahulu apa yang disebut algoritma. Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.

Sekarang kita masuk ke topik  yang akan kita bahas. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin
buruklah algoritma tersebut.

Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.


Analisa yang paling sering dilakukan pada suatu algoritma adalah waktu proses. Menentukan waktu proses secara tepat merupakan pekerjaan yang sangat sulit karena waktu proses secara eksak sangat tergantung pada implementasi algoritma dan perangkat keras yang dipakai. Analisa yang diinginkan untuk menyatakan efisiensi algoritma haruslah dibuat seumum mungkin sehingga bisa dipakai pada semua algoritma, terlepas dari implementasi dan juga compiler yang dipakai maupun perangkat keras yang digunakan. Akibatnya analisa tidak dipakai pada waktu  proses secara eksak.


Kompleksitas algoritma cukup dinyatakan dalam order waktu proses (Big-oh) secara fungsi jumlah data masukkan yang diberikan. dalam analisa tersebut kita memfokuskan diri pada oprasi aktif yang merupakan pusat algoritma, yaitu bagian algoritma yang sering dieksekusi. Bagian-bagian lain seperti pemasukkan data, penugasan (assignment), dan lain-lain dapat diabaikan karena bagian-bagian tersebut tidak sesering oprasi aktif. Jumlah eksekusi oprasi aktif itulah yang selanjutnya dihitung.




Sumber : 
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar