Rabu, 07 September 2011

SEJARAH KOMPUTER

PENGERTIAN KOMPUTER
Menurut saya sendiri, Kopmuter adalah seperangkat alat elektronik yang bisa membuat perhitungan matematika sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam perhitungan matematika.

Tetapi menurut sumber referensi (Wikipedia), Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dipakai untuk mengolah data dengan menggunakan rumus tertentu. Kata Komputer berasal dari seseorang yang menggambarkan pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika tanpa tanpa disertai alat bantu lain. Sejak pertama komputer itu sendiri digunakan untuk permasalahan-permasalahan aritmatika, tetapi di era modern komputer jarang digunakan untuk permasalahan yang berhubungan dengan aritmatika.


GENERASI KOMPUTER : 
1. GENERASI PERTAMA
2. GENERASI KEDUA
3. GENERASI KETIGA
4. GENERASI KEEMPAT
 
 1. GENERASI PERTAMA
Awal mula terciptanya komputer generasi pertama yaitu pada saat Perang Dunia ke-2. Seluruh negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha untuk mengembangkan komputer untuk mengeksplosit potensi strategis yang dimiliki komputer tersebut.

Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur dari Harvard University yang bekerja dengan IBM, berhasil menciptakan kalkulator elektronik untuk US Navy. Panjang kalkulator elektronik tersebut adalah setengah dari lapangan sepak bola, dengan rentang kabel 500 mil. Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Mark I bekerja dengan lambat, ia membutuhkan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan juga tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah).  

Perkembangan komputer masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat kerjasama antara pemerintah Amerika serikat dan University of Pennsylvania. Komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5juta titik solder. Dapat dikatakan bahwa kinerja komputer ini lebih cepat 1.000 kali dibanding komputer Mark I.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

 2. GENERASI KEDUA
Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada tahun 1948. Transistor dapat menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer, yang dapat mengubah ukuran berkurang secara drastis.  Transistor dapat digunakan dalam komputer pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin yang pertama kali memanfaatkan teknologi baru ini adalah Superkomputer.

Di bidang Bisnis, pada awal 1960-an mulai bermunculan komputer yang sukses pada bidang bisnis tersebut. Komputer generasi kedua ini sepenuhnya menggunakan transistor. Komputer generasi kedua tersebut dapat pula diasosiasikan oleh perlengkapan komputer masa kini, seperti : printer, disket, sistem oprasi, dll. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.

 3. GENERASI KETIGA

Walaupun transistor banyak digunakan pada masa itu dan mengungguli dalam hal tube vakum, tetapi transistor juga menghasilkan panas yang cukup besar dan dapat pula merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) dapat menghilangkan atau memecahkan masalah ini. Seorang insinyur dari Texas Instrument yang bernama Jack Kilby, menemukan sesuatu yang bernama IC (Integrated Circuit atau Sirkuit Terintegrasi) ditahun 1958.

IC dapat mengkombinasikan 3 komponen elktronik yang terdapat pada piringan silikon kecil yang terbuat dari batu kuarsa. Para Ilmuwan akhirnya berhasil memasukkan lebih banyak komponen dalam sebuah chip tunggal yang bernama Semikonduktor, dan hasilnya komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponennya dapat dimasukkan atau dipadatkan dalam sebuah chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.


 4. GENERASI KEEMPAT

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi jelas, yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Ratusan komponen dalam sebuah chip dapat dimuat dalam LSI (Large Scale Integration). Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Dengan kemampuan seperti ini dapat menjadikan sedemikian banyak komponen menjadi setengah keping uang logam yang mengakibatkan ukuran komputer menjadi lebih kecil lagi dan harganya pun lebih murah dibandingkan dengan komputer-komputer sebelumnya.


Hal tersebut juga dapat memaksimalkan kinerja komputer agar berproses dengan sangat cepat. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang sedemikian pesatnya, memungkinkan komputer bisa dimiliki oleh perorangan atau kalangan-kalangan seperti pada umumnya, dan akibatnya komputer sudah tidak didominasi oleh kalangan-kalangan seperti perusahaan, industri, dll. Pada tahun 1970-an, perakit-perakit komputer menawarkan komputer hasil rakitannya kepada masyarakat umum, dan nama komputer tersebut adalah Minikomputer.


Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.


sumber referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer


TERIMA KASIH KARENA TELAH MELUANGKAN WAKTU SEJENAK UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar